Ikan Teri Lado Mudo

Assalamualaikum wr wb

Apa kabar nih temen-temen semua? ulan alhamdulillah baik.. hari ini ibu lagi ujian UKG (Ujian Kompetensi Guru), ya jadi sekarang setiap guru di Indonesia wajib mengikuti UKG setiap tahunnya, menurut gue sih guru mah ga usah pakai UKG setiap tahun kalau guru baru mungkin oke lah yah di tes, tapi kalau guru-guru senior yang sudah teruji… hmmm.. mungkin baiknya disuruh kumpulin kredit poin kayak dokter/dokter gigi kali yah untuk perpanjang surat izinnya.. karena ibu udah dua malem begadang untuk persiapkan UKG jadi hari ini ulan masak masakan yang kayaknya bangkitin mood abis ujian.. dan taraaa.. sukses buat kailan cah bawang putih dan Ikan Lado Mudo.. cekidot resepnya:

Bahan:

5 Cabai Hijau besar

10 siung bawang putih

10 siung bawang merah

2 buah tomat hijau (tapi ulan pakai cherry tomato karena habis tomat hijaunya)

1 papan petai

2 lembar daun Jeruk

1 jeruk nipis/limo

200gr Ikan teri jengki

Cara Masak:

  1. Pertama-tama prep dulu semua bumbu-bumbunya(cabai hijau dan bawang-bawangan diulek), petai nya boleh digoreng atau dibakar biar aromanya keluar kemudian dipotong tipis-tipis, potong tomat hijau dadu,goreng ikan teri 1/2 kering
  2. Setelah ikan teri di goreng 1/2 kering, saatnya menumis bumbu-bumbunya.. yang pertama dimasukkan ialah daun jeruknya, sampai ada aroma harum(jangan kelamaan nanti gosong) masukkan ulekan bawang yang disusul dengan cabai hijaunya, tumis sampai bau mentah bawang hilang dan warnanya berubah golden dengan tekstur agak layu lalu masukkan petai.
  3. Kemudian masukkan tomat hijau yang sudah dipotong dadu, masukkan garam dan gula secukupnya (saran ulan garamnya dikit aja karena ikan teri udah asin), setelah itu masukkan ikan teri jengki yang sudah di goreng 1/2 matang tadi.cicipi rasanya apa sudah pas selera belum jika sudah masukkan perasan jeruk nipis supaya lebih segar. sajikan deh

nah kira-kira beginilah penampakan dari ikan teri lado mudo bikinan gue:

ikan-lado-mudo

Kenapa pilih bikin ikan teri lado Mudo? jadi ibu itu suka makan pedes dan ikan bilis, dan makanan yang pedes itu bangkitkan selera makan, biasanya ikan lado mudo ini pakai ikan bilis, namun karena di dapur cuma ada teri jengki jadi lah ikan teri jengki lado mudo. sebenernya gue agak kurang pede untuk masak ini, karena bisa dibilang ini makanan favorite yang ibu suka bikin dan ulan sukaa sekali ikan lado mudo bikinan ibu.. sepulangnya ibu dari UKG, bener aja ibu langsung kelaparan karena belum sempat sarapan.Hal yang paling ulan suka adalah ibu suka masakannya,dan nambah terus padahal nasinya udah habis..hehe.. kurangnya dari masakan ulan kali ini adalah ada sebagian ikan teri nya yang terlalu kering digorengnya jadinya bumbunya kurang meresap. Dan karena tomat hijau lagi out of stock dan digantiin sama cherry tomato jadi kurang ada rasa asam-asam cruchy nya kayak kalau pakai tomat hijau..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s