The power of Media

Assalamualaikum Wr Wb

Gimana nih kabarnya teman-teman? semoga Allah selalu melindungi merahmati dan meridhai teman-teman semua.. udah coba resep mi aceh ala gue? hehe.. kali ini gue ga akan berbagi resep hanya mau yah ngobrol-ngobrol sedikit tentang hal yang kayaknya happening banget yah?

Media, belakangan ini menjadi hal yang paling disorot di indonesia… semenjak kebebasan pers, media merupakan salah satu alat yang memegang peran penting dalam perjalanan bangsa indonesia dan dunia..

Keberadan media dengan ditopang amunisi kebebasan pers ini menjadikannya pisau bermata dua.. disini saya tidak hanya bicara media massa seperti televisi, koran dan lain-lain.. media pada umumnya karena saat ini banyak sekali medium yang digunakan untuk menyalurkan informasi yang dimana secara tidak langsung terkategori sebagai media..

Disini saya tidak mau menyoroti media massa, mengapa? karena saya rasa tidak perlu menyoroti dan membahasnya karena memang bukan tujuan saya dalam menulis postingan ini..

Masing-masing dari kita dijaman sekarang tentu merupakan seorang individu yang mau tidak mau memiliki setidaknya satu akun media sosial, yang mana kini media sosial merupakan salah satu hal yang sedang digandrungi dalam bertukar informasi.. saya sendiri punya beberapa akun media sosial termasuk blog saya ini..  dari pantauan saya terhadap tren bertukar informasi ini, ada beragam karakter user dalam membagikan kontennya, ada yang sangat menggebu-gebu membahas mengenai idealisme politiknya, ada yang senang membagikan perjalanan kehidupannya (seperti mungkin perjalanan liburan dan lain-lain), ada yang  menggerakkan media sebagai penggerak aksi kebaikan,adapula yang menggunakannya sebagai suatu aktivitas menjadi mata pencaharian dengan mungkin berbagi konten yg beragam..

Jadi mana yang benar sih lan sebaiknya?apa salah menggunakan media untuk share hidup saya, politik? saya tidak mau bicara salah atau benar.. saya pribadi jujur sangat berterima kasih dengan media sosial karena dari media saya bisa bertemu dengan orang-orang baik yang menginspirasi saya.. saya kenal teman-teman dari volunteer doctors, fuldmkg, bsmi dan lain-lainnya berawal dari media sosial..
Gerakan-gerakan sosial yang baik untuk membangun indonesia dari masyarakat sangat banyak, banyak sekali komunitas-komunitas yang memiliki concern untuk memperbaiki indonesia dengan bidang yang beragam dan komunitas-komunitas ini sangat mempergunakan media khususnya media sosial untuk mendukung eksistensinya..

Jika ditanya kepada saya, bagaimana kamu menggunakan media? saya pribadi memiliki sebuah prinsip dalam hidup saya bahwa ketika saya berdiri,maka saya harus bisa mewarnai dan melakukan sesuatu yang bermanfaat.. belakangan ini saya menyadari bahwa media sosial akan menjadi sebuah branding image bagi pemiliknya.. konten yang dibagikan memberikan gambaran personality pemiliknya..saya bertanya pada diri saya sendiri konten apa yang harus saya bagikan bagi orang-orang? ada orang yang awalnya bukan siapa siapa kemudian menjadi viral, semua tindak tanduknya menjadi panutan sebagian orang.. kita sama-sama tau bahwa ada fenomena pergeseran karakter anak dan remaja akibat orang orang yang aktif menggunakan media sosial dan membagikan konten-konten yang kurang baik..

Saya cenderung lebih setuju kepada orang-orang yang mempergunakan medianya untuk menyebarkan positive vibes.. terlepas dari apa pandangan politiknya, suku dan ras serta bangsa yang menjadi identitas seseorang.. karena kebaikan tidak mengenal batasan tersebut.. sebagai human being kita terlahir sebagai pribadi-pribadi yang sebenarnya menyukai kebaikan.. yah bisa dibilang sejahat-jahatnya orang dia punya yang namanya noktah kecil potensi melakukan kebaikan yang besar manfaatnya bagi masyarakat.. tinggal disentuh dan dipoles saja..

Dan itulah peran kita sesungguhnya sebagai individu melek teknologi dan medsos.. hal yang harus kita viralkan adalah sebuah aksi kebaikan untuk memperbaiki indonesia secara konkret tanpa batas.. jadi saya nggak boleh bicara tentang politik lan? silahkan.. namun, menjadi seseorang yang getol ngomentari kebijakan-kebijakan politik tidak akan membuat suatu perubahan signifikan bagi keadaan negara ini karena kamu hanya sebagai komentator dan tidak sebagai pelaku politik.. beda halnya  ketika kamu melihat carut marut politik dan memutuskan untuk terjun aktif sebagai pelaku politik tersebut dan itu pun perjalananmu untuk mengubah dunia perpolitikan akan panjang.. tapi jika kamu adalah seseorang yang melihat carut marutnya bangsa ini dan kemudian melakukan hal kecil saja aksi sosial semacam memberikan pengajaran meskipun sesederhana mengajarkan baca tulis di suatu lingkungan atau mungkin hanya kepada satu orang itu akan memberikan efek yang signifikan.. bisa dibilang kamu membangun masyarakat.. kamu tentu tahu persiskan bahwa keberdayaan masyarakat lah yang menentukan kemajuan suatu negri.. berhenti bertanya dimana peran pemerintah selama ini? karena kamu akan lelah sendiri jika hanya meminta dan mempertanyakannya..

Ada beberapa platform favorit saya , menurut saya sangat bagus gagasannya dan sangat mendukung kita semua dalam berbuat kebaikan.. teman-teman pasti udah nggak asing lah sama yang namanya kitabisa.com dan indorelawan.org atau mungkin app travelin yang bekerjasama dengan 1000guru? saya sangat mengapresiasi founder-founder ini kenapa? karena terkadang dalam berbuat kebaikan diperlukan kerjasama banyak orang.. dan mereka menyatukan dan mempertemukan niat-niat baik individu dalam menjadikan itu suatu aksi konkret.. banyak sekali teman-teman yang sebetulnya ingin melakukan kebaikan namun terbatasi oleh waktu dan aktivitasnya sehingga teman-teman tidak bisa menjadi bagian dari sebuah komunitas sosial tertentu dapat berpartisipasi dalam spread the positive vibes itu sendiri.. karena ketika kita masuk dalam suatu komunitas dan organisasi maka secara tidak langsung kita membuat sebuah perjanjian yang membutuhkan komitmen tinggi untuk mendukung proker dari komunitas atau organisasi secara kontinu.. namun hadirnya platform-platform ini menjadikan salah satu jalan keluar bagi kita untuk melakukan kebaikan,kita bisa ikut kegiaatan volunteer sewaktu-waktu..

Jadi, ayuk teman-teman sudah saatnya kita pergunakan media sosial kita tidak hanya untuk membagikan perjalanan hidup kita ke teman-teman lainnya tapi juga kita jadikan diri kita sebagai agen perubahan bangsa ini dengan spread the positive vibes.. jadikan mediamu sebagai sebuah aksi nyata atas kepedulianmu, karena bicara saja tidak akan menyelesaikan masalah.. seorang komentator selamanya tidak akan bisa mencetakkan gol indah ke gawang lawan.. dan satu hal yang pasti jika kau meninggal nanti, mungkin bukan hanya nama saja yang kita tinggalkan untuk dikenang tapi konten di media sosialmu juga akan menjadi hal yang akan tak hilang dan mencatat bagaimana kamu hidup..

One thought on “The power of Media

Leave a Reply

