Mie Aceh

Assalamualaikum wr wb

Jadi sebulan kemarin kan gue ngelab terus dan untuk efisiensi waktu biar kerjaan gue selesai, gue ga keluar-keluar dari lab selain untuk sholat, nah 3 hari pertama gue sampai lupa makan pagi dan makan siang sehingga mengakibatkan maag kambuh… kemudian karena gue orang yang merasa rugi waktu kalau nyari makan harus nunggu lama pas ishoma, maka gue mensiasati nya dengan membeli makanan pagi-pagi sebelum ngelab dikantin, dan entah kenapa yang menggugah selera makan gue adalah mie aceh dan nasi goreng aceh.. karena berbumbu-bumbu rempah rempah kuat kali yah makanya nggak bikin eneg buat sarapan pagi dan makan siang.. selama sebulan tuh gue makannya kalo nggak nasi gorengnya, ya mi aceh nya..

Nah pas hari terakhir ngelab makan gue tetiba inget ibu, karena ibu seneng banget sama yang namanya makanan yang kuat bumbu rempah nya macem nasi briyani,nasi kebuli dan lain-lain… rencananya selesai ngelab mau beliin kan yah sekalian pulang kerumah tapi sayangnya kantinnya udah tutup karena terlalu sore pulangnya.. malemnya langsung browsing-browsing gimana cara bikin mi aceh karena to be honest sebelumnya ga pernah yang namanya bikin mi aceh dan masakan sumatra lainnya selain bikin rendang… Sabtu pagi langsunglah cus pulang kerumah mampir pasar dulu beli  semua kebutuhan-kebutuhan dan mulailah memasak sampai rumah… nah sekarang gue mau sedikit berbagi resep mi aceh bikinan gue disini (sekalian ngearsipin resep-resep masakan sih biar nanti kalau mau bikin lagi ga pusing nyarinya dimana.. hehehe)

Begini nih penampakan mie aceh bikinan gue :

mie-aceh-ulan

Bahan:

Mie Telor (seharusnya yang silindris ukuran 1,7 tapi karena ga ada jadi pakai mie gepeng deh)
1/2 bagian Kol
500 gr Tauge
500 gr Daging
Tulang dan iga sapi (untuk kaldu nya)
1 butir telur
Cabai Bubuk
Lada Putih
Bumbu kari
Bubuk Jinten Hitam
Daun bawang
Seledri
5 siung bawang merah
2 sdt Kecap Inggris
2sdm Kecap manis

Bumbu Halus:
10 Cabai giling
1 Cabai Hijau besar
4cm Jahe
8 siung Bawang putih
2 siung Bawang merah
5 Kemiri Gongseng
1 Tomat

Cara masak:

  1. Pertama-tama yang gue lakukan pasti nge prep semua bumbu-bumbunya, rebus Mie nya dengan sedikit olive oil biar ga lengket dan buat kaldu sapi (kebetulan karena ibu mau buat sop iga gitu jadi sekalian lah kan tulang sapi, iga dan daging yang sudah dipotong dadu kecil-kecil buat kaldu sapi di rebus dan dikasih bawang putih cincang dan merica bubuk), bikin kaldunya agak lama sekitar 2,5 jam kali yah.. dengan gitu daging rebusannya jadi empuk. Daging buat mie aceh ini kemudian ditiriskan dari air kaldu tadi..
  2. Bumbu Halus yang sudah diblender tadi kemudian matengin dulu supaya aroma mentah nya hilang.. stelah matang masukkan minyak dan bawang merah yang sudah dirajang ditumis sampai aroma dan warnanya udah keemasan kecoklatan gitu(jangan sampai jd kayak warna bawang goreng yah, yang penting aroma bawangnya udah kecium), dimasukkan lagi bumbu halus tadi dan dimasukkan daging dan telur yang udh di scramble sebelumnya.. pastiin sampe bumbunya udh meresap, btw jangan lupa tambahin air kalo udah saat( Kalau gue, gue nambahin air kaldu sapi itu jadi biar tambah cita rasanya).
  3. Kemudian masukkan kol dan tauge lalu di tumis sampai tekstur kolnya berubah, sambil numis bisa sekalian masukin bumbu kari dan lada putih, cabai bubuk,  dan jinten hitam nya beserta garam dan kecap Inggris dan kecap manis. kalau rasanya udah dirasa pas masukin deh mie yang sudah ditiriskan dan di aduk rata, dan cobain rasanya udah merata ga bumbunya.. kalau udah oke, masukin deh seledri dan daun bawang yang udah dicincang, aduk bentar sampai rata seledri dan daun bawangnya.. jadi deh mie aceh nya..

Sebenernya Mie aceh percobaan pertama gue ini masih gue rasa kurang kentel banget bumbunya mungkin karena gue ga pakai buah ketapang dan bunga lawang. dan karena mie nya bukan mie telor silindris yang ukuran 1,7 kayak mie aceh biasanya sehingga tekstur mi aceh biasanya kurang dapet sm gue ga nyiapin bikin acar dan goreng emping sebagai condiment selayaknya mi aceh biasanya.. but overall ibu, bapak, mba fit,mba mur suka banget sama mi aceh bikinan gue, dan it worth sih capek-capek masakinnya.. hehehe ada kepuasan tersendiri aja yah kalau orang yang dimasakin bilang enak dan nambah mulu.. rasanya udah kenyang aja ngeliatin yang makan..
btw kalian pasti nanya kan kenapa kok gue bisa-bisanya ga bosen sebulan makannya makanan yang sama setiap harinya?awalnya gue itu beli mi aceh karena ada empingnya.. gue itu suka banget sama emping.. hehehe jadi itulah mie aceh ala mba ningrum, mungkin rasanya kurang kentel aceh, tapi yaaa at least gue puas lah dengan hasilnya.. 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s