Selamat hari sumpah pemuda!

Halo… kali ini gue mau ngomongin tentang hari sumpah pemuda… sebenernya mungkin ini lebih kepada instropeksi diri gue sendiri sebagai pemudi Indonesia yah..

Sebelumnya gue bertanya pada diri gue “SEBERAPA PENTING SIH PERAN PEMUDA UNTUK INDONESIA?” oke jawaban gue adalah “penting banget”

Terus gue kemudian terbesit pikiran “APA YANG BISA DILAKUKAN UNTUK INDONESIA? APA YANG UDAH GUE LAKUIN UNTUK BANGSA INI?”

Dan dari kedua pertanyaan tersebut, perlu gue akui bahwa “gue belum ngelakuin apa-apa buat tanah air tercinta gue” . dan dari situ gue mendapat beberapa pemikiran ini:

Perlu kita akui dan pikirkan bahwa peran pemuda pada saat ini itu nihil.. (tapi kan lan gue itu udah ngelakuin ini, ngelakuin itu… ) oke mungkin beberapa dari kalian emang udah melakukan perubahan-perubahan untuk bangsa ini. Dan gue ngangkat dua jempol gue buat kalian yang sudah melakukan sesuatu buat bangsa ini. Gue sendiri gue ngerasa gue belum melakukan apapun buat bangsa ini. Apa sih yang mungkin membuat pemuda itu memble? Oke mungkin ini ga semua ngerasa dirinya kayak begini. Tapi beberapa orang mungkin bisa ngangguk2, gue juga kok ngangguk-ngangguk..😀

  1. GALAU. Kita tuh banyak banget ngegalau. Lo liat aja di timeline twitter, atau mungkin di facebook banyak account2 yang ngetweet tweet galau followernya bejibun. Dan yang ngeretweet, nge quote,nge favorite juga banyak. Galauin apa?biasanya sih kebanyakan tentang percintaan,entah diputusin lah,atau apapun itu. Tapi juga ada yang ngetweet “aduh enaknya makan apa yah?galau nich” hahaha.. Gue sih ngaku yah, gue pernah nge retweet juga..hehehe… emang ga gampang yah untuk ga ngegalau,tapi kayaknya kita musti ngestop ini.. gue akui saat galau, pikiran lo Cuma terpaku akan hal yang membuat lo galau… kalo kata tika move on yuk..😀 (gue masih belajar untuk nge stop harsat pergalauan ini.. hehe J ).
  2. Gaya hidup hedon dan konsumtif. Hmm.. tanpa kita sadari, globalisasi membuat banyak produk yang masuk ke Indonesia. Baik fashion, makanan, gadget atau apapun itu. Banyaknya pilihan tersebut membuat naluri kita untuk membeli suatu barang meningkaat bahkan mungkin jadi kebablasan. Prilaku ini disebabkan oleh kapitalisme dan kapitalisme sukses untuk membuat kita menjadi budak kapitalis. Yah yang namanya budak, mentalnya ya ngikut aja. Kita juga gitu, ngikutin tren, pokoknya apapun yang ada kita ga boleh ketinggalan tren,mode dll. “Kalo lo nggak ngikutin berarti lo kuno”<- pemikiran kayak begini nih yang berkembang di masyarakat. Coba diganti dengan pemikiran “kalau gue hedon dan konsumtif, berarti gue budak kapitalis. Gue ga mau jadi budak!”.
  3. Kebanyakan ngeluh. Ini nih gue akui, gue kok kayaknya akhir-akhir ini kerjaannya ngeluh mulu dan sekarang gue sadar ini hal buruk!. Bung, hidup ini udah susah, dan keluhan lo ga mengubah apapun! Dari pengalaman dan pengamatan gue, ketika lo mengeluh maka masalah lo makin tambah berat bukan malah jadi ringan. Lo ngeluh karena harus nugas sampe malem?ngeluh karena ac kelas lo mati?atau ngeluh apapun itu.. coba pemikiran kita diubah, harus positif( itu omongan dika😀 ). Jangan lihat dari satu sudut pandang dan coba lo berpikir hal sebaliknya.. maksudnya? Gini contohnya. Klo lo ngeluh “aah tugas banyak banget,laprak banyak banget” coba lo ubah jadi “nanti kalau gue udah TA atau mungkin udah lulus pasti gue bakal kangen deh begadang semalam suntuk buat nugas.🙂 ” kalo diubah gitu jadi lebih semangat kan ngerjainnya?😀
  4. APATIS. Lo pasti tau arti apatis kan? Apatis itu adalah rasa tak acuh kepada lingkungan. Lo kebanyakan mikirin diri lo sendiri! Klo lo tanya ke diri lo “gue kuliah buat apa sih?” jawaban jujur mungkin kebanyakan. “supaya gue bs sukses,duit banyak dll” jangan membohongi diri lo sendiri yah untuk ngejawabnya. Tenang nggak akan ada yang nyalahin kok,kan ga ketahuan..hihi.. atau mungkin ada yang tadinya concern banget sama bangsa ini kemudian ngerasa kecewa dengan system yang kacau.. banyak korupsi lah, atau birokrasi lambat dll. Hal kayak gini juga bisa nyebabin kita apatis. Bro dan sist percaya deh apa yang udah lo lakuin nggak akan sia-sia.. jangan lelah untuk memperbaiki bangsa ini karena kalau bukan kita siapa lagi?😀
  5. Jam karet. Hahaha.. ini sih kebanyakan orang Indonesia kayak gini yah? Yuk kita belajar untuk menghargai waktu. Belajar untuk tidak menunda-nunda. Dengan begitu ritme kerja lebih cepat daaan lo klo udah kerja nanti mau jadi pns,pengusaha,dll dijamin dah top markotop. Dengan tepat waktu kan birokrasi bisa lebih cepat, birokrasi cepat bisa membuat Indonesia lebih maju.
  6. Apalagi yah? Segitu dulu aja yah.. SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA!

Leave a Reply

