Dibalik selembar hijab dan kematian

Kemarin pagi, di detik.com saya melihat berita ttg tertangkapnya istri nasarudin aka ibu neneng di kediamannya dan dibawa oleh kpk untuk interogasi.. Dalam penangkapan tersebut istri nasarudin tsb mengenakan selembar hijab lengkap dg cadarnya.. Apa yg salah?anda pasti bertanya begitu..

Saya mungkin termasuk orang yg jengah akan tindak tanduk koruptorwati indonesia ini yang kerap mengenakan jilbab,hijab,cadar,burqo,dll pada saat proses pradilan.. Tolong di highlight kata HANYA PADA PROSES PRADILAN

Sebelum mereka tersangkut kasus koruptor atau sebelum ketahuan busuknya, mereka tidak mengenakannya..
Dari situ sy menganalisa bahwa serangkaian prosesi memakai jilbab mereka hanya untuk mendapat simpati publik semata..
Dan saya sbg seorang muslimah merasa terhina akan prilaku mereka.. Kenapa?
Bagi seorang perempuan, khususnya saya pribadi.. Keputusan mengenakan jilbab bukanlah hal yang mudah.. Dan merupakan suatu keputusan besar..

Keinginan mengenakan jilbab sebetulnya udh ada waktu sd kelas 4.. Sahabat saya, Alma,Fina,Bella dan madam keempatnya telah memakai jilbab semuanya saat itu.. Wkt itu sy sempet bilang ke mereka ”gw juga mau deh pk jilbab kyk kalian”, sy msh inget wkt itu fina pernah memberikan hadiah ulang tahun berupa bergo warna kesukaan saya, warna biru..
Ibu dan kakak2 saya juga mengenakan jilbab.. Saya yg melihat mereka pun jd ingin pakai jilbab..
Saat saya utarakan kpd ibu dan bapak keinginan saya itu ibu dan bapak bilang “ade yakin mau pakai jilbab? Nanti ga gerah terus dilepas?” Atau “masih kecil ga usah pake jilbab dulu,nanti aja klo udh gede” kurang lebih sih pernyataan itu yg msh sy inget.. Akhirnya sy mengurungkan niat saya mengenakan jilbab..
Kemudian berjalannya waktu keinginan sy mengenakan jilbab meluntur saat SMP..
Saat sy kelas 2 SMP di semester 2, ibu mulai melakukan ajakan persuasif halus ttg mengenakan jilbab. Dan saat itu saya yg lagi seneng matching2in baju, pk celana pendek sehingga agak ngerasa ”ah gw kan masih muda,nanti ajalah gw pk jilbabnya..entar klo gw pk jilbab gw ga bs pk bj yg gw suka”

Cara persuasif halus ibu itu tetap berlanjut hingga saya kelas 3 SMP. Mulai dr hadiah bros2 lucu aksesoris jilbab,kalung,gelang,bukunya asma nadia “jilbab pertamaku”,dan diskusi2 mengenai org yg berjilbab,hingga membacakan ayat yg mewajibkan berjilbab..

Pada semester 1 dikelas 3 SMP, keinginan pk jilbab itu muncul lagi.. Saya sempat tanya ke temen2 yg pk jilbab, ngamatin kehidupan mereka,diskusi via chat sm kak icha,k wina,sm ka achi, tmn kk saya ..
Tapi saya ngerasa blm siap klo mesti pake dalam kurun wkt 6 bln sd 1 thn kedepan.. Saat itu sy mikir ”nanti gw kelas 2 SMA aja deh pk jilbabnya”
Pemikiran itu tetap melekat dipikiran saya hingga H-2 hari pertama masuk SMA.. Malamnya sy sempet galau pake skrg atau nanti yah kelas 2? Dan paginya ad rasa yakin seyakin yakinnya mau pk jilbab hingga akhirnya sy bilang ke ibu. “Bu aku mau pakai jilbab deh, hari pertama masuk sekolah yah bu..” ibu lgsg meluk saya.. Dan blg “alhamdulillah.. Kalau gitu nanti siang ibu ke Labschool yah,tukerin bj seragam yg tangan pendeknya” dan saya ngangguk2. Waktu itu soalnya semua bj seragam yang udah dibeli baju lengan pendek..

Dan.. Jeng jeng.. Hari pertama masuk sekolah.. Dengan selembar jilbab putih membalut rambut dan kepala saya.. Sampai di sekolah teman satu smp saya bilang “sejak kapan lan pake jilbab? Perasaan terakhir ketemu belum pake” dan saya dengan senyum mengembang besar “sejak hari ini.. Hehe”

Kenapa kok saya begitu lama memutuskan pakai jilbab? Padahal itu hukumnya wajib?apa saya ga tahu?
Sesungguhnya saya tau.. Tau dari semenjak sd.. Makanya waktu saya sd udh pengen make meskipun saat itu saya belum baligh.. Terus kok pas smp ga mau make? Ehm.. mungkin akibat pubertas dan pergaulan jadi keinginan itu luntur..
Lo bilang waktu itu lo udh mau pake jilbab pas smp kelas 3,tapi kenapa lo galau lagi lan? Pasti pada nanya gitu..
Ok jawabannya simpel tp dalem buat gw.. menurut gw langkah gw untuk memakai jilbab adalah komitmen gw sama Allah. Dan gw ga mau saat gw sudah membuat komitmen gw melanggarnya.. Kalau melanggarnya sama manusia,mungkin bs dicari jalan keluar, tapi kalau sama Allah?
Selain itu, seorang sahabat yang pernah gw tanya gmn rasanya pake jilbab dia bilang “lan gw dr kecil emg udh disuruh pk jilbab sm ortu, tp sejujurnya gw blm pengen pk jilbab” dan dia sempet terbesit pengen ngelepasnya.. Dan gw ga mau hal itu terjadi pada gw.. Jd gw mikir untuk menggodok keinginan gw itu dengan matang sehingga gw dpt tetap istiqomah dlm menjalankannya.. Kemudian,gw typical orang yang kalau melakukan sesuatu itu bukan karena disuruh atau dipaksa.. Tapi gw ingin karena niat gw..

Tahun ini genap 3 tahun saya mengenakan jilbab, saya memang belum sempurna dalam menutup aurat saya.. Masih lupa pake kaus kaki klo pergi, jilbabnya lbh sering diiket kebelakang, lupa bw peniti dll..
Dan karena saya sering lupa bawa peniti,akhirnya saya selalu memeniti dibalik ujung lengan kemeja seragam atau di bawah kemeja, naro peniti di dalam tempat pensil, naro stok peniti dimobil.. Fungsinya biar klo lupa bw peniti, sy bs lgsg pk peniti cadangan.. Hehe harap maklum saya pelupa..

Kematian…
Serem yah judulnya?
Jadi, kemarin kajian subuh dan magribnya di masjid membahas kematian..
Pada kajian subuh, ust undang (imam&muazin Masjid Raya Bintaro Jaya sektor IX) yang juga sering diamanati memandikan jenazah dan mentalqin org yang mau meninggal bercerita mengenai pengalamannya dalam menyaksikan kematian. Menurut beliau, kondisi kematian seseorang mencerminkan amal perbuatan org tersebut.. Merinding saya ngedengernya, yang tadinya mata merem melek gara2 ngantuk pagi pagi jadi melongo..

Dalam kajian magrib, ust taufiqurahman juga membahas kematian dan rasa malu.. Menurut beliau malu yg sifatnya duniawi adalah haram, dan malu yg dimana hrs dipupuk adalah rasa malu terhadap amalan yg blm sempurna dlm menjalankan perintah Allah SWT. Kematian itu pasti dan kita tidak mengetahui kapan kematian akan menjemput kita.. Dan keadaan kematian terbaik adalah jika kita dapat meladzkan ‘Laa Illahahilallahu’ dan.. Untuk bisa mengucapkan itu sangat lah sulit..

Kemudian ada renungan kecil dlm diri saya, “nanti kalau saya meninggal,kondisi saya bagaimana yah? Mampu ga yah saya mengucapkan lafadz Laa Illahailallahu? Apakah org2 yg sy tinggalkan nanti mendoakan saya?bagaimana malam pertama saya dalam kubur nanti? Bagaimana sakaratul maut datang kepada saya? Seperti apa malaikat maut menjemput saya?” Seketika tubuh saya kaku semua, air mata yang hampir menitik saya tahan sekuat tenaga..

Tadi pagi, seusai mengantar ayah saya ke turnamen golf di rancamaya, saya beserta ibu mengunjungi ali, pemuda yang selama 22 thn hidup dalam keaadaan lumpuh, ia hanya bisa menggerakkan kepala,mulut,matanya saja.. Ali tinggal dengan ibunya yang janda dan satu adik laki2nya.. Pada saat km berkunjung kerumah ali, ali sedang membaca alquran dan ibunya sedang mengepel rumah.. Saya merinding dan malu.. Malu sekali.. Ali yg kondisinya dalam keadaan lumpuh dan tidak berdaya pagi2 sudah bc alquran sedangkan saya yg dalam keadaan sehat wal afiat sering melupakan baca alquran.. Dan bahkan lebih sering tidur lagi setelah subuh dan baru bangun jam 10 an.. Menurut Mah (ibunya Ali),ali sudah 22 kali khatam quran selama sebulan ini.. Kemudian saya mengingat kapan terakhir saya menghatamkan alquran..6 bulan lalu, sudah lama sekali.. Ali lumpuh setelah terserang virus polio, menurut dokter, ali sudah tidak bisa disembuhkan.. Virus nya sudah sampai menggerogoti syaraf tulang belakang dr coccyx hingga ke vertebrae cervicalisnya..

Kata Ibu, ali tinggal dengan adiknya yang namanya deni, deni ini setamat sma lgsg kerja dan mengumpulkan uang gajinya untuk membeli rumah yang kini ditempati ali,ibunya dan dia.. Deni ini setiap hari melalap jalan dr bogor ketanggerang dengan motor setiap harinya untuk kerja.. Dari hasil jeripayahnya itu ia menafkahi ibunya dan kakaknya..

Sementara ibunya janda dan setiap harinya mengurus ali dengan sabar dan tanpa mengeluh.. Sungguh mereka bertiga ialah calon ahli surga.. Amin..

Begitu banyak nikmat allah yg saya smua peroleh.. Namun saya terkadang melupakan nikmat allah tsb.. Astagfirullahaladzim.. Semoga allah mengampuni dosa dosa saya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s