Tsunami Jepang-Asidosis

hulaaa hulaaa… finally wi fi dirumah akhirnya nyala lagi,, hampir seminggu harus bergantung ke modem, yang signalnya naik turun,, seringnya turun ūüėõ

hmmm kemaren kemaren pengen banget posting banyak banget,, tapi UTS daan ga sempet lama lama,,

dimulai dengan Jepang,, saya amat merasa berduka dengan apa yang terjadi disana,,dan saya kagum dengan masyarakat jepang yang tetap tenang walaupun menghadapi musibah yang luar biasa,, mereka amat tau akan apa yg harus dilakukan tampaknya,, sehingga sudah tidak ada kepanikkan dalam menghadapi tsunami kemarin,,

bagaimana jika tsunami menimpa Indonesia lagi? sama seperti Jepang, atau Tsunami Aceh pada tahun 2006? akankah kita bisa seperti masyarakat Jepang yang tenang menghadapinya? tidak tahu jawabannya.. namun pemerintah mulai sedikit demi sedikit dengan baik menyesosialisasikannya.. sehingga sedikit memberi harapan,, ¬†menurut saya agar lebih efisien lagi dalam menyesosialisasikan alangkah baiknya jika dimasukkan dalam kurikulum sekolah dan dilakukan sosialisasi dikantor kantor, sehingga nanti bisa langsung diserap oleh banyak kalangan usia masyarakat,, mengapa? karena biasanya seorang anak akan menyampaikan kepada orang tuanya,, dan bagi orang tua yang bekerja dan dikantornya dilakukan sosialisasi akan menyampaikan ke keluarganya,, ¬† dan yang terpenting sebenarnya adalah keduanya bisa dilakukan dengan berkesinambungan… bagaimana dengan para pedagang di pasar atau lainnya? hmm,, sejauh yg saya tahu pemerintah sudah memulai melakukan simulasi tanggap bencana ditempat tempat umum, dan baik jika itu juga tetap dilaksanakan,, dan satu lagi,, manfaatkan teknologi, manfatkan pers, manfaatkan media,, ¬†pemerintah bisa membuat iklan layanan masyarakat yang menarik tentunya agar tidak diganti channel saat ditonton karena membosankan,, pemerintah bisa mengandalkan media cetak dalam menyampaikannya juga,, bisa juga dibuat kartun atau komik yang seru agar bisa dipahami oleh semua orang dan dibagikan secara massal,, bisa mengandalkan internet… seperti FB, twitter,dll.. kan banyak tuh para pejabat yg udh punya twitter,, juga bisa menggaet artis sebagai duta tanggap bencana,, ¬†banyak cara untuk menuju tujuan kita,, hanya saja diperlukan niat yg besar dan komitmen yang tinggi dan konsistensi hingga mencapainya,,

ok.. selain hal tanggap bencana,, dari tsunami jepang saya mulai berfikir dengan PLTN,,, hmmm,, pembangkit listrik tenaga nuklir memang amat efisien dan menghasilkan banyak listrik, dan juga bisa berbahaya ketika zat zat radioaktif nya bocor,, salah satunya adalah mutasi gen,,, nauzubillah minzalik,, oh yaa ada applikasi dari google untuk cari korban tsunami ini linknya nih:

http://japan.person-finder.appspot.com/?lang=en

selain jepang apalagi? hmmm,,, masalah berita yang dimuat koran The Age mengenai presiden kita.. ok, sebagai rakyat saya berfikir, apa betul? namun saya juga berfikir,, mengapa diberitakan saat wapres disana? bukan dari dulu? dan kemudian saya menyimpulkan,, semua harus ada bukti dulu baru saya bisa menilai apa presiden betul begitu atau tidak,, jadi, jawaban saya apa jika ditanya bagaimana pendapat saya? saya akan menjawab, “saat ini kita tidak tahu faktanya, dan rasanya amat tidak bijaksana ketika kita menghakimi seseorang salah jika tanpa bukti yang konkret, maka harus ada bukti bukti yang dikeluarkan,, maka barulah kita boleh menilai salah atau tidaknya karena kalau tidak itu hanya akan menjadi gosip yang bisa berakibat fatal.. dan pemerintah harus membuktikannya bukan dengan bicara namun dengan perubahan perubahan signifikan menuju titik positif sehingga dengan sendirinya rakyat tahu mana yang benar,, dan kemudian akan muncul rasa percaya pada pemerintah.. jadi kenapa di ambil pusing? biarkan waktu membuktikan,, ”

Ketiga, eh ketiga kan yah?

saya mau bahas asidosis… kenapa? argh karena tadi saya susulan biologi dan salah 2 soal di asidosis, salah saya karena saya tidak mengikuti naluri,, ok, asidosis adalah….

“Keadaan saat adanya peningkatan asam didalam darah yang disebabkan oleh berbagai keadaan dan penyakit tertentu tidak mengeluarkan asam dalam mengatur keseimbangan asam basa. gangguan keseimbangan ini bisa digolongkan dalam dua klompok besar.. metabolik dan respiratorik (saya akan bahas respiratorik), organ yang terlibat dalam asidosis adalah ginjal dan paru paru.”

jadi, asidosis respiratorik itu disebabkan oleh ketidakmampuan paru paru untuk mengeluarkan CO2 hasil metabolisme (keadaan hipoventilasi). Hal ini menyebabkan peningkatan H2CO3dan konsentrasi ion hidrogen sehingga menghasilkan asidosis.

Tanda tanda klinik (akut)

  1. Meningkatnya nadi dan tingkat pernapasan
  2. Pernapasan dangkal.
  3. Dyspnea
  4. Pusing
  5. Convulsi
  6. Letargi

Tanda Klinik  ( Kronik )

  1. Kelemahan
  2. Sakit kepala

nah itu sedikit yang bisa saya cerna, nah klo mau tau lebih lanjut baca link dibawah ini, karena saya baca dari sana, ini linknya:

http://ifan050285.wordpress.com/2010/03/16/asidosis/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s