jogja oh jogja

huaahua,, pengen ngulang lagi..

ok,, jadi kemarin dari tanggal 31 sampai 2 februari,, nawastra study tour ke jogja

jadi untuk keberangkatan dibagi 2 kloter penerbangan, pembagian kloter berdasarkan program jurusan,,

kloter pertama berangkat adalah program ips, karena harus segera ke jogja agar bisa diterima di kraton..

dan saya berangkat di kloter kedua,, dengan GA 206..

well.. setelah sampai di jogja kami langsung nyusul ke kraton,, dan melihat lihat keraton,,

kemudian kami ke akademi angkatan udara,, sayangnya disana tidak diperbolehkan mengambil foto,,

setelah dari AAU kita ke candi prambanan,, dan subhanallah,, candinya bagus, dan kokoh,, sulit bagi saya membayangkan bagaimana dimasa dulu pembuatan candi ini, karena konstruksi candi ini bisa dibilang sangat maju, para pemikir dan ahli ahli konstruksi jaman dulu pasti sangat mempertimbangkan candi ini dengan amat matang sehingga mampu bertahan hingga ratusan tahun lamanya,,  dan pastinya para ahli konstruksi sudah mempertimbangkan elastisitas pada candi sehingga candi tetap kokoh walau terkena gempa,, entah apalagi yang bisa saya katakan,, melihat candi prambanan membuat saya merasa kecil sebagai manusia,, dan merasa tidak ada apa apanya dengan leluhur kita sebelumnya yang pemikirannnya sudah maju ke depan menembus waktu..

setelah, dari prambanan,, ke hotel, dan kemudian ke malioboro,, disana saya ketemu sepupu dan men-hunting bros yang jadi pesenan ibu,, dan alhamdulillah dapat dengan harga miring kualitas bagus,, ok,,

dan kemudian besoknya ke airmancur dan nonton sendratari ramayana,, dan saya sangat terpukau dengan pementasannya,, ramanya ganteng,, haha,, nggak deng bukan karena itu saya terpukau, saya terpukau karena sendratarinya yang menggetarkan jiwa, walaupun saya tidak mengerti bahasa jawa, tapi saya mengerti kisahnya dari gerak gerik penarinya,, gerakannya sangat halus dan bagus sekali,, seni yang betul betul seni,, saya bangga jadi rakyat indonesia memiliki warisan budaya yang sangat luar biasa, namun kemudian setelah bangga itu saya merasa ini adalah tanggung jawab bagi saya dan generasi muda lainnya untuk melestarikan warisan budaya yang sangat indah ini,, meski pun saya tidak bisa menari atau bermain musik yg baik, namun saya telah membulatkan tekad saya untuk bersungguh-sungguh dalam belajar seni karawitan disekolah,, agar setidak tidaknya saya bisa mewariskannya ke anak saya nanti dan memotivasinya agar bangga akan bangsanya dan melestarikan budaya bangsa,, sebetulnya dulu, dulu sekali saat saya sd kelas 1 sampai kelas 2 atau kelas 3 yah? saya mengikuti tari tradisional, dan saya bisa menarikan tari yapong dengan baik, dan belajar tari pendet,, namun sekarang saya lupa semuanya,, dan badan saya tidak selentur dulu untuk menari, kalau dipaksa nari nantinya jadi kayak robot deh,, haha,, ini nih sendratari ramayananya :

Rama dan Shinta

sayang fotonya agak blur.. oh ya,, hmm,, entah kenapa saya dr setelah nonton ramayana, keinget sama laksmana nya,, menurut saya sih laksmana nya mirip sm ahmad bustomi.. hehe.. ok, karena penasaran sm kisah keseluruhan nya maka akhirnya saya beli buku ramayana mahabarata,, taraaa

menambah daftar buku saya dirak buku,, hmm,, saya belum selesai bacanya sih,, tapi saya merasa buku ini sangat menarik,, membuat saya menjadi tambah suka dengan kisah ini(ramayana)..  hmm,, setelah baca baca saya mulai tertarik dengan kisah kisah epos dan sastra jaman dulu lainnya, hari ini saya berniat untuk membeli pandawa sriwijaya, agar bisa langsung disambung baca setelah selesai baca yg ini..

oh ya selama disana kami juga mengunjungi PT. Air mancur yang memproduksi jamu,, hmm,, jamu juga merupakan warisan budaya yang tak ternilai, ramuan empiris dari nenek moyang kita ini terbukti ampuh dalam mengobati macam macam penyakit,, ada baiknya jika dimulai lagi penggiatan meminum jamu untuk melestarikannya,, saya sering minum kunyit asem sama beras kencur loh,, rasanya enak,, dan khasiatnya juga mantep..

kemudian apa lagi yah? hmm,, sebelumnya saya pernah membahas jogja dipostingan sebelumnya kan yah mengenai situasi politik yg memanas,dan isu penggantian sistem kegubernuran DIY,, well,, sekarang setelah saya berkunjung ke jogja,, saya amat berharap pemerintah lebih hati hati dalam mengambil keputusan karena, jogja merupakan sebuah aset budaya yang luar biasa,, dan  kesatuan NKRI harus tetap dijunjung tinggi,, jangan sampai ada perpecahan dikalangan masyarakatnya,, perbedaan pendapat itu hal yang lumrah namun sekarang harus diselesaikan dengan segera agar tidak menimbulkan ke chaos – an..

hmm,, oh ya,, selama dijogja dengan jadwal kunjungan yang padat membuat saya kurang akses untuk mengupdate berita,, sedikit waktu untuk nonton tv dan tidak ada koran dalam perjalanan,, untungnya ada twitter,, jadi saya bisa mengupdate berita melalui @detikcom, @liputan6dotcom, @jakpost, @korantempo, @AJEnglish, jadi saya bisa sedikit tau tentang perkembangan,, cukup memprihatinkan mengikuti perkembangan mesir dan juga tunisia, dua negara yang selama ini terdengar adem ayem selama ini kemudian menjadi sangat amat chaos,, keadaan yang sangat mengerikan akibat kerakusan rezim, indonesia pun pernah memasuki tahapan seperti itu kiranya saat suharto, namun keadaan kemudian cepat pulih karena suharto dengan besar jiwa mau mundur dari jabatannya,, kepada rakyat mesir, semoga allah memberikan kemudahan bagi anda semua, kebenaran akan menang sahabatku, bersabarlah,, namun saya merasa ada yang sedikit ganjal dengan kejadian kejadian itu.. seakan akan diciptakan seseorang,, tapi entahlah, mungkin saya salah.. yang pasti adalah kebenaran akan terungkap nantinya sahabatku,, bersabarlah,, dan tetap bersemangat meraih hakmu,,

dan besok masuk,, hmm,, aktifitas mulai berjalan lagi, besok aja udh ada praktikum biologi, dan saya rasa akan ada lagi rentetan tugas serta ulangan yg akan menanti.. semangat! LABSCHOOL!! haha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s