hipertensi

sudah enam bulan terakhir tekanan darah ayah saya tinggi terus, sampai akhirnya ayah saya memutuskan untuk membeli tensimeter digital agar bisa mengukur tensinya sendiri dimana pun,, saya sebagai anak khawatir sekali saat tensi beliau tinggi, dan kemudian akhirnya saya baca baca mengenai apa itu tekanan darah tinggi atau yang biasanya disebut hipertensi,, dan saya ingin berbagi sedikit dari yang saya baca baca dan yang saya tangkap,,

jadi dimulai dari cara baca tensimeter dulu yah..

nah kalau diliat ditensimeter digital kayak diatas kan ada yang sys,dia, sama pulse.. jadi..

  • Sys atau sistolik adalah keadaan jantung pada saat berkontraksi
  • Dia atau diastolik adalah keadaan jantung pada saat berelaksasi
  • pulse adalah detak jantung

Tekanan darah ditulis sebagai tekanan sistolik garis miring tekanan diastolik, misalnya 118/78 mmHg, dibaca seratus delapan belas per tujuh puluh delapan .
Dikatakan tekanan darah tinggi jika pada saat duduk tekanan sistolik mencapai 140 mmHg atau lebih, atau tekanan diastolik mencapai 90 mmHg atau lebih, atau keduanya.
Pada tekanan darah tinggi, biasanya terjadi kenaikan tekanan sistolik dan diastolik.

Pada hipertensi sistolik terisolasi, tekanan sistolik mencapai 140 mmHg atau lebih, tetapi tekanan diastolik kurang dari 90 mmHg dan tekanan diastolik masih dalam kisaran normal. Hipertensi ini sering ditemukan pada usia lanjut.
Sejalan dengan bertambahnya usia, hampir setiap orang mengalami kenaikan tekanan darah; tekanan sistolik terus meningkat sampai usia 80 tahun dan tekanan diastolik terus meningkat sampai usia 55-60 tahun, kemudian berkurang secara perlahan atau bahkan menurun drastis.

Hipertensi maligna adalah hipertensi yang sangat parah, yang bila tidak diobati, akan menimbulkan kematian dalam waktu 3-6 bulan.
Hipertensi ini jarang terjadi, hanya 1 dari setiap 200 penderita hipertensi.

Tekanan darah dalam kehidupan seseorang bervariasi secara alami. Bayi dan anak-anak secara normal memiliki tekanan darah yang jauh lebih rendah daripada dewasa.
Tekanan darah juga dipengaruhi oleh aktivitas fisik, dimana akan lebih tinggi pada saat melakukan aktivitas dan lebih rendah ketika beristirahat.
Tekanan darah dalam satu hari juga berbeda; paling tinggi di waktu pagi hari dan paling rendah pada saat tidur malam hari.

nah berikut ini merupakan klasifikasi tekanan darah pada dewasa:

Jika hipertensinya berat atau menahun dan tidak diobati, bisa timbul gejala berikut:

  • sakit kepala
  • kelelahan
  • mual
  • muntah
  • sesak nafas
  • gelisah
  • pandangan menjadi kabur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s