Labirin dan rintik hujan

Labirin yang panjang berkelok

gelap, tinggi, tiada berujung yang diketahui

berjalan didalamnya,

bukan pilihan tapi keharusan

hingga tik tok waktu berbunyi mengakhiri

ditengah tengah terkadang rintik hujan menyapa

disertai semilir angin,

atau terkadang dengan topan yang menggila

sesekali rintik hujan  membirukan labirin

memekat abukan cakrawala

dalam sunyi,

memecah teka teki labirin,

memekakkan telinga dan memerahkan mata sesekali

jikalau ada cuit yang bisa dibagi ditengah labirin,

biru labirin mungkin bisa dibungkam dengan sedikit tawa

andai ada kata yang bisa dicuitkan bersama..

andai ada jiwa yang bicara dalam satu bahasa..

abu dan gelapnya labirin takkan sesuram itu,

teruntuk jiwa yang tak mengenal nama,

berjalan bersama mungkin baik adanya..

jangan terlalu lama berjalan dalam labirin yang berbeda..

karena ada cerita yang tak bisa dibagi tanpa satu bahasa yang sama..

 

Sop Iga

Assalamualaikum wr wb

Kemarin ketinggalan ngepost resep sop iga karena ada urusan yang ga bisa ditinggalin.. maap yaaah.. jadi buat sop iga ga susah sebenernya,dan sop iga ini bisa dibilang jadi favorite kuracil terutama abang zaid, kalau udah makan sop abang pasti bakal bilang “tante mau nambah sopnya” hehe..jadi kira-kira gini resepnya:

Bahan:

1kg Iga Sapi

15 siung Bawang Putih

10 siung bawang merah

Seledri

Daun Bawang

Jahe 4 cm

Bubuk Pala(optional)

5 buah Wortel

Merica bubuk

Cara Masak:

  1. Prep dulu semua bahan yang diperlukan, Ulek halus bawang putih dan bawang merah sertah jahe, lalu ditumis bumbu halusnya.Kemudian iris seledri dan daun bawang.Iga direbus dulu selama kurang lebih 4 jam, ambil bagian hitam-hitam di rebusan iga.
  2. Kemudian air kaldu rebusan iga tersebut disaring dulu, lalu dengan air kaldu tersebut masukkan bumbu yang sudah ditumis.Aduk dan beri merica garam dan bubuk pala, lalu masukkan wortel sampai wortel sudah empuk,lalu dimasukkan daun bawang dan seledri. ( bisa ditambahkan kentang jika mau,tapi karena ibu kurang begitu suka sup dengan kentang jadi ulan nggak nambahin kentang)
  3. Terus makan deh.. (pakai sambel+nasi panas+emping+dan kasih perasan jeruk limo saat disajikan lebi maknyus lagi)

Kurang lebih penampakan dari sop iga buatan ulan kayak gini:
img_20161229_093836_121-1

Btw ada pertanyaan di ask fm,”kenapa sih ngeshare resep masakan,emang udah jago masak?” , sebenernya gue udah jarang banget buka askfm karena ternyata semakin hari pertanyaan yang gue dapet kurang bermutu,dan bebera jawaban dari question orang ga se inspire dulu pas pertama kali gue punya askfm. tapi kali ini gue bakal jawab pertanyaan itu.. sebenernya gue itu ngeshare resep buat ngearsipin aja sih resep-resep masakan yang pernah gue buat, jadi kalau seandainya suatu hari gue pengen bikin masakan yang sama rasanya gue ga perlu cari-cari video di youtube.. karena pasti tiap orang masak kan memodifikasi resep sesuai seleranya, kayak gini mungkin kalau di keluarga gue, keluarga gue suka banget sama bumbu yang medok yang banyak bawangnya..makanya diresep-resep gue itu jumlah bawangnya banyak yang dipakai, dikeluarga lain belum tentu sama.. terus dengan gue masak gue ngedapetin dua hal me time dan mendukung diet gue.. kok bisa? jadi sesungguhnya ternyata masak itu seru dan lumayan relaxing, denger suara minyak berdesis saat goreng, atau nyium aroma bumbu dan masakan.. kok bisa bikin mendukung diet? jadi pada dasarnya gue suka makan dan nyemil.. nah kalau gue masak sendiri kan gue udah ngeliat visualisasi makanan dan nyium aroma makanan dari pertama kali dari mentah sampai matang.. nah saat gue sajikan otak gue itu udah hafal dengan aromanya, sensasi pengen nambah makan itu berkurang jadinya.. jadilah porsi makan gue berkurang dengan sendirinya..

terus kalau kalian tanya gue , gue jago masak emangnya? jawaban gue nggak..  ini lagi belajar masak kakak.. supaya nanti gue bisa sejago ibu kalau masak ga perlu lama-lama didapur tapi masakannya selalu menggoyang lidah..  makanya kalau gue masak, gue biasanya bakal nanya sama yang makan, kurang apa rasanya?keasinan ga? dari jawaban itu gue bakal tau kalau takaran bumbu-bumbu nya kurang pas..kayak tadi pagi gue bikin tumis genjer, kata bapak keasinan de.. berarti gue kan kebanyakan ngasih garemnya atau terlalu saat sehingga terlalu asin.. nah untuk makanan yang belum oke, gue ga share dulu disini.. ya kan tujuan diawal emang nge post diblog itu buat nge arsipin resep masakan buat nantinya kalau mau buat lagi udah tau takaran pasnya jadi kalau rasanya masih kurang oke ya belum gue post dong… hehehe jadi mbaknya yang nanya jangan sewot-sewot yaaa.. haha

Tumis Kailan Jengki

Assalamualaikum Wr Wb

kayaknya ga usah basa-basi lagi yah ini resep tumis kailan jengki yang bener-bener resep coba-coba tapi ternyata setelah dicoba enak juga:

Bahan:

100 gr Teri Jengki

1 siung Bawang bombay

6 siung bawang putih

2 buah cherry tomato

Cara Masak:

  1. Tumis bawang putih dan bombay sampai wangi dan coklat keemasan.
  2. Masukkan Terinya, jangan sampai kering, tapi sampai warna terinya berubah
  3.  Masukkan kailan, oseng sebentar, masukkan tomat ceri sambil diaduk, masukkan gula dan garam, matikan kompor saat tomat ceri nya agak sedikit benyek dan keluar sari-sari nya.

img_20161229_091330_663

Orek Tempe Cabe Hijau

Assalamualaikum Wr Wb

Tadi pagi buka kulkas dan nemu tempe,bawang bombay dan iga, dan kemudian tetiba lagi pengen banget bikin tempe orek,sop iga dan tumis kailan jengki. tapi satu-satu yah dipost nya. cekidot

Bahan:

Tempe

5 Cabai Hijau

Kecap Manis

6 siung bawang putih

6 siung bawang merah

 

Cara Masak:

  1. Seperti biasa prep bahan-bahan, potong dadu 3×3 cm (kayaknya mah yah) tempe, iris kasar cabai hijau, dan bawang putih dan merah diiris tipis-tipis.
  2. Goreng tempe nya jangan terlalu kering tapi juga jangan basah, setelah itu angkat dan tiriskan minyaknya.
  3. Tumis bawang putih dan merah sampai harum, masukkan cabai hijau hingga teksturnya berubah.
  4. Setelah itu masukkan kecap manis sampai berbusa, lalu masukkan tempe dan beri gula sesuai selera.

gampang , cepat dan enak… ini nih orek tempe cabe hijaunya:

20161229_091104

 

Kailan Cah Bawang Putih

Assalamualaikum wr wb

Kali ini ulan mau share resep kailan cah bawang putih, yah kok cah bawang putih sih lan? karena bawang putih itu banyak banget khasiatnya, salah satunya adalah supaya stamina meningkat.. jadi langsung aja yaaah..

Bahan:

6 siung Bawang putih

350 gr baby kailan

2sdm tepung maizena

1 sdm kecap manis

merica

garam

gula

Cara masak:

  1. Prep semua bahan-bahannya, Bawang putihnya dicincang kasar , cairkan tepung maizena dengan air panas.
  2. Kalau bahan-bahannya sudah diprep, saute (tumis) bawang putih sampai aroma harum dan warnanya berubah kuning kecoklatan(jangan sampai gosong), masukkan kecap manis sampai kecap manisnya menyatu aromanya dengan aroma bawang dan sudah agak ada bubble nya, kemudian masukkan merica garam dan gula.
  3. Setelah rasanya pas, masukkan larutan maizena sampai konsistensi yang diinginkan. lalu masukkan baby kailan, aduk rata sampai meresap bumbunya, rasakan bumbunya sudah pas atau belum, kalau kurang asin  tambah gula sedikit aja dan sebaliknya. (baby kailannya jangan sampai layu banget biar terasa tekstur crunchy saat kita makan bagian stem nya).

segampang itu deh, sajikan dengan nasi panas.. dijamin yummy.. ini nih penampakan dari kailan cah bawang putih bikinan gue:

kailan-cah-bawang-putih

Ikan Teri Lado Mudo

Assalamualaikum wr wb

Apa kabar nih temen-temen semua? ulan alhamdulillah baik.. hari ini ibu lagi ujian UKG (Ujian Kompetensi Guru), ya jadi sekarang setiap guru di Indonesia wajib mengikuti UKG setiap tahunnya, menurut gue sih guru mah ga usah pakai UKG setiap tahun kalau guru baru mungkin oke lah yah di tes, tapi kalau guru-guru senior yang sudah teruji… hmmm.. mungkin baiknya disuruh kumpulin kredit poin kayak dokter/dokter gigi kali yah untuk perpanjang surat izinnya.. karena ibu udah dua malem begadang untuk persiapkan UKG jadi hari ini ulan masak masakan yang kayaknya bangkitin mood abis ujian.. dan taraaa.. sukses buat kailan cah bawang putih dan Ikan Lado Mudo.. cekidot resepnya:

Bahan:

5 Cabai Hijau besar

10 siung bawang putih

10 siung bawang merah

2 buah tomat hijau (tapi ulan pakai cherry tomato karena habis tomat hijaunya)

1 papan petai

2 lembar daun Jeruk

1 jeruk nipis/limo

200gr Ikan teri jengki

Cara Masak:

  1. Pertama-tama prep dulu semua bumbu-bumbunya(cabai hijau dan bawang-bawangan diulek), petai nya boleh digoreng atau dibakar biar aromanya keluar kemudian dipotong tipis-tipis, potong tomat hijau dadu,goreng ikan teri 1/2 kering
  2. Setelah ikan teri di goreng 1/2 kering, saatnya menumis bumbu-bumbunya.. yang pertama dimasukkan ialah daun jeruknya, sampai ada aroma harum(jangan kelamaan nanti gosong) masukkan ulekan bawang yang disusul dengan cabai hijaunya, tumis sampai bau mentah bawang hilang dan warnanya berubah golden dengan tekstur agak layu lalu masukkan petai.
  3. Kemudian masukkan tomat hijau yang sudah dipotong dadu, masukkan garam dan gula secukupnya (saran ulan garamnya dikit aja karena ikan teri udah asin), setelah itu masukkan ikan teri jengki yang sudah di goreng 1/2 matang tadi.cicipi rasanya apa sudah pas selera belum jika sudah masukkan perasan jeruk nipis supaya lebih segar. sajikan deh

nah kira-kira beginilah penampakan dari ikan teri lado mudo bikinan gue:

ikan-lado-mudo

Kenapa pilih bikin ikan teri lado Mudo? jadi ibu itu suka makan pedes dan ikan bilis, dan makanan yang pedes itu bangkitkan selera makan, biasanya ikan lado mudo ini pakai ikan bilis, namun karena di dapur cuma ada teri jengki jadi lah ikan teri jengki lado mudo. sebenernya gue agak kurang pede untuk masak ini, karena bisa dibilang ini makanan favorite yang ibu suka bikin dan ulan sukaa sekali ikan lado mudo bikinan ibu.. sepulangnya ibu dari UKG, bener aja ibu langsung kelaparan karena belum sempat sarapan.Hal yang paling ulan suka adalah ibu suka masakannya,dan nambah terus padahal nasinya udah habis..hehe.. kurangnya dari masakan ulan kali ini adalah ada sebagian ikan teri nya yang terlalu kering digorengnya jadinya bumbunya kurang meresap. Dan karena tomat hijau lagi out of stock dan digantiin sama cherry tomato jadi kurang ada rasa asam-asam cruchy nya kayak kalau pakai tomat hijau..

The power of Media

Assalamualaikum Wr Wb

Gimana nih kabarnya teman-teman? semoga Allah selalu melindungi merahmati dan meridhai teman-teman semua.. udah coba resep mi aceh ala gue? hehe.. kali ini gue ga akan berbagi resep hanya mau yah ngobrol-ngobrol sedikit tentang hal yang kayaknya happening banget yah?

Media, belakangan ini menjadi hal yang paling disorot di indonesia… semenjak kebebasan pers, media merupakan salah satu alat yang memegang peran penting dalam perjalanan bangsa indonesia dan dunia..

Keberadan media dengan ditopang amunisi kebebasan pers ini menjadikannya pisau bermata dua.. disini saya tidak hanya bicara media massa seperti televisi, koran dan lain-lain.. media pada umumnya karena saat ini banyak sekali medium yang digunakan untuk menyalurkan informasi yang dimana secara tidak langsung terkategori sebagai media..

Disini saya tidak mau menyoroti media massa, mengapa? karena saya rasa tidak perlu menyoroti dan membahasnya karena memang bukan tujuan saya dalam menulis postingan ini..

Masing-masing dari kita dijaman sekarang tentu merupakan seorang individu yang mau tidak mau memiliki setidaknya satu akun media sosial, yang mana kini media sosial merupakan salah satu hal yang sedang digandrungi dalam bertukar informasi.. saya sendiri punya beberapa akun media sosial termasuk blog saya ini..  dari pantauan saya terhadap tren bertukar informasi ini, ada beragam karakter user dalam membagikan kontennya, ada yang sangat menggebu-gebu membahas mengenai idealisme politiknya, ada yang senang membagikan perjalanan kehidupannya (seperti mungkin perjalanan liburan dan lain-lain), ada yang  menggerakkan media sebagai penggerak aksi kebaikan,adapula yang menggunakannya sebagai suatu aktivitas menjadi mata pencaharian dengan mungkin berbagi konten yg beragam..

Jadi mana yang benar sih lan sebaiknya?apa salah menggunakan media untuk share hidup saya, politik? saya tidak mau bicara salah atau benar.. saya pribadi jujur sangat berterima kasih dengan media sosial karena dari media saya bisa bertemu dengan orang-orang baik yang menginspirasi saya.. saya kenal teman-teman dari volunteer doctors, fuldmkg, bsmi dan lain-lainnya berawal dari media sosial..
Gerakan-gerakan sosial yang baik untuk membangun indonesia dari masyarakat sangat banyak, banyak sekali komunitas-komunitas yang memiliki concern untuk memperbaiki indonesia dengan bidang yang beragam dan komunitas-komunitas ini sangat mempergunakan media khususnya media sosial untuk mendukung eksistensinya..

Jika ditanya kepada saya, bagaimana kamu menggunakan media? saya pribadi memiliki sebuah prinsip dalam hidup saya bahwa ketika saya berdiri,maka saya harus bisa mewarnai dan melakukan sesuatu yang bermanfaat.. belakangan ini saya menyadari bahwa media sosial akan menjadi sebuah branding image bagi pemiliknya.. konten yang dibagikan memberikan gambaran personality pemiliknya..saya bertanya pada diri saya sendiri konten apa yang harus saya bagikan bagi orang-orang? ada orang yang awalnya bukan siapa siapa kemudian menjadi viral, semua tindak tanduknya menjadi panutan sebagian orang.. kita sama-sama tau bahwa ada fenomena pergeseran karakter anak dan remaja akibat orang orang yang aktif menggunakan media sosial dan membagikan konten-konten yang kurang baik..

Saya cenderung lebih setuju kepada orang-orang yang mempergunakan medianya untuk menyebarkan positive vibes.. terlepas dari apa pandangan politiknya, suku dan ras serta bangsa yang menjadi identitas seseorang.. karena kebaikan tidak mengenal batasan tersebut.. sebagai human being kita terlahir sebagai pribadi-pribadi yang sebenarnya menyukai kebaikan.. yah bisa dibilang sejahat-jahatnya orang dia punya yang namanya noktah kecil potensi melakukan kebaikan yang besar manfaatnya bagi masyarakat.. tinggal disentuh dan dipoles saja..

Dan itulah peran kita sesungguhnya sebagai individu melek teknologi dan medsos.. hal yang harus kita viralkan adalah sebuah aksi kebaikan untuk memperbaiki indonesia secara konkret tanpa batas.. jadi saya nggak boleh bicara tentang politik lan? silahkan.. namun, menjadi seseorang yang getol ngomentari kebijakan-kebijakan politik tidak akan membuat suatu perubahan signifikan bagi keadaan negara ini karena kamu hanya sebagai komentator dan tidak sebagai pelaku politik.. beda halnya  ketika kamu melihat carut marut politik dan memutuskan untuk terjun aktif sebagai pelaku politik tersebut dan itu pun perjalananmu untuk mengubah dunia perpolitikan akan panjang.. tapi jika kamu adalah seseorang yang melihat carut marutnya bangsa ini dan kemudian melakukan hal kecil saja aksi sosial semacam memberikan pengajaran meskipun sesederhana mengajarkan baca tulis di suatu lingkungan atau mungkin hanya kepada satu orang itu akan memberikan efek yang signifikan.. bisa dibilang kamu membangun masyarakat.. kamu tentu tahu persiskan bahwa keberdayaan masyarakat lah yang menentukan kemajuan suatu negri.. berhenti bertanya dimana peran pemerintah selama ini? karena kamu akan lelah sendiri jika hanya meminta dan mempertanyakannya..

Ada beberapa platform favorit saya , menurut saya sangat bagus gagasannya dan sangat mendukung kita semua dalam berbuat kebaikan.. teman-teman pasti udah nggak asing lah sama yang namanya kitabisa.com dan indorelawan.org atau mungkin app travelin yang bekerjasama dengan 1000guru? saya sangat mengapresiasi founder-founder ini kenapa? karena terkadang dalam berbuat kebaikan diperlukan kerjasama banyak orang.. dan mereka menyatukan dan mempertemukan niat-niat baik individu dalam menjadikan itu suatu aksi konkret.. banyak sekali teman-teman yang sebetulnya ingin melakukan kebaikan namun terbatasi oleh waktu dan aktivitasnya sehingga teman-teman tidak bisa menjadi bagian dari sebuah komunitas sosial tertentu dapat berpartisipasi dalam spread the positive vibes itu sendiri.. karena ketika kita masuk dalam suatu komunitas dan organisasi maka secara tidak langsung kita membuat sebuah perjanjian yang membutuhkan komitmen tinggi untuk mendukung proker dari komunitas atau organisasi secara kontinu.. namun hadirnya platform-platform ini menjadikan salah satu jalan keluar bagi kita untuk melakukan kebaikan,kita bisa ikut kegiaatan volunteer sewaktu-waktu..

Jadi, ayuk teman-teman sudah saatnya kita pergunakan media sosial kita tidak hanya untuk membagikan perjalanan hidup kita ke teman-teman lainnya tapi juga kita jadikan diri kita sebagai agen perubahan bangsa ini dengan spread the positive vibes.. jadikan mediamu sebagai sebuah aksi nyata atas kepedulianmu, karena bicara saja tidak akan menyelesaikan masalah.. seorang komentator selamanya tidak akan bisa mencetakkan gol indah ke gawang lawan.. dan satu hal yang pasti jika kau meninggal nanti, mungkin bukan hanya nama saja yang kita tinggalkan untuk dikenang tapi konten di media sosialmu juga akan menjadi hal yang akan tak hilang dan mencatat bagaimana kamu hidup..