Kopi Hangat

Kopi hitam,

Pahit terlihat,

Tapi manis membekas

Setidaknya

Cakrawala menjadi teduh..

Saat meneguknya,

Lama sudah..

Mungkin satu dan dua hal labirin terasa berkelok..

Karena tiada waktu menyeruput kopi

Atau mungkin takut melihat pekat hitamnya

Sehingga enggan untuk sekedar menyeduh macchiato

Membawanya dari etalase pabrikannya

Meski bau kopi memikat harum

Jikalau ada waktu,

Duduk manis dikedai ini,

Dengan secangkir kopi hangat..

Meneduhkan cakrawala 

Tanpa perlu kata yang menyekatnya..

Mengalir kisah yang menjadi bisu selama ini..

Memecah takut dalam baju besi yang gagah terlihatnya..

1 x 24

1 x 24
24 x 1

Seperti shinkansen saja..

Disini disana,

Ini dan itu,

Tapi tidak bisa semuanya..

Terasa kurang, 1 x 24

Bagaimana caranya?

Hingga cakrawala penuh dengan pelangi

Pagi yang dingin menjadi hangat menyenangkan..

Mungkin lebih baik 

Mulai belajar jadi sonic

Hingga keluar dari labirin ini

Kuning dan hitam

Tik tok

Tok tik

Tik tok tik tok

Tok tik tok tik

Kuning dan hitam berjalan terlalu cepat

Kertas bertumpuk tumpuk 

Ingin hati menyentuhnya,

Tapi jua penat hati berurusan

Meski tau kuning dan hitam akan mengejar menghantui

Hingga tersisa sedikit waktu

Hingga masa kertas kertas akan diujikan

Mulai dari mana?

Terlalu banyak hingga buatku mual..

Ingin bicara,

Lalu didengarkan..

Dengan tatapan mata

“Semua akan baik baik saja”

Dan kemudian semua lebih baik adanya..

Memecah tembok

Labirin terurai satu

Memasuki labirin baru

Cakrawala dalam labirin itu

Apakah bisa diprediksi?

Dari kejauhan terlihat tembok lebar tinggi 

Memanjang tak berujung

Geger juga berdegub degub akan memasuki labirin ini

Pecahkan saja temboknya..

Itu cara radikal yang mungkin bisa mencairkan kebekuan

Tapi dengan apa tembok itu bisa dipecah?

Lebih baik lebih cepat..

Lebih cepat lebih baik,

Sehingga tak lagi perlu gemeteran..

Dan bisa keluar bernafas tak terengah-engah..

Labirin dan rintik hujan

Labirin yang panjang berkelok

gelap, tinggi, tiada berujung yang diketahui

berjalan didalamnya,

bukan pilihan tapi keharusan

hingga tik tok waktu berbunyi mengakhiri

ditengah tengah terkadang rintik hujan menyapa

disertai semilir angin,

atau terkadang dengan topan yang menggila

sesekali rintik hujan  membirukan labirin

memekat abukan cakrawala

dalam sunyi,

memecah teka teki labirin,

memekakkan telinga dan memerahkan mata sesekali

jikalau ada cuit yang bisa dibagi ditengah labirin,

biru labirin mungkin bisa dibungkam dengan sedikit tawa

andai ada kata yang bisa dicuitkan bersama..

andai ada jiwa yang bicara dalam satu bahasa..

abu dan gelapnya labirin takkan sesuram itu,

teruntuk jiwa yang tak mengenal nama,

berjalan bersama mungkin baik adanya..

jangan terlalu lama berjalan dalam labirin yang berbeda..

karena ada cerita yang tak bisa dibagi tanpa satu bahasa yang sama..

 

Sop Iga

Assalamualaikum wr wb

Kemarin ketinggalan ngepost resep sop iga karena ada urusan yang ga bisa ditinggalin.. maap yaaah.. jadi buat sop iga ga susah sebenernya,dan sop iga ini bisa dibilang jadi favorite kuracil terutama abang zaid, kalau udah makan sop abang pasti bakal bilang “tante mau nambah sopnya” hehe..jadi kira-kira gini resepnya:

Bahan:

1kg Iga Sapi

15 siung Bawang Putih

10 siung bawang merah

Seledri

Daun Bawang

Jahe 4 cm

Bubuk Pala(optional)

5 buah Wortel

Merica bubuk

Cara Masak:

  1. Prep dulu semua bahan yang diperlukan, Ulek halus bawang putih dan bawang merah sertah jahe, lalu ditumis bumbu halusnya.Kemudian iris seledri dan daun bawang.Iga direbus dulu selama kurang lebih 4 jam, ambil bagian hitam-hitam di rebusan iga.
  2. Kemudian air kaldu rebusan iga tersebut disaring dulu, lalu dengan air kaldu tersebut masukkan bumbu yang sudah ditumis.Aduk dan beri merica garam dan bubuk pala, lalu masukkan wortel sampai wortel sudah empuk,lalu dimasukkan daun bawang dan seledri. ( bisa ditambahkan kentang jika mau,tapi karena ibu kurang begitu suka sup dengan kentang jadi ulan nggak nambahin kentang)
  3. Terus makan deh.. (pakai sambel+nasi panas+emping+dan kasih perasan jeruk limo saat disajikan lebi maknyus lagi)

Kurang lebih penampakan dari sop iga buatan ulan kayak gini:
img_20161229_093836_121-1

Btw ada pertanyaan di ask fm,”kenapa sih ngeshare resep masakan,emang udah jago masak?” , sebenernya gue udah jarang banget buka askfm karena ternyata semakin hari pertanyaan yang gue dapet kurang bermutu,dan bebera jawaban dari question orang ga se inspire dulu pas pertama kali gue punya askfm. tapi kali ini gue bakal jawab pertanyaan itu.. sebenernya gue itu ngeshare resep buat ngearsipin aja sih resep-resep masakan yang pernah gue buat, jadi kalau seandainya suatu hari gue pengen bikin masakan yang sama rasanya gue ga perlu cari-cari video di youtube.. karena pasti tiap orang masak kan memodifikasi resep sesuai seleranya, kayak gini mungkin kalau di keluarga gue, keluarga gue suka banget sama bumbu yang medok yang banyak bawangnya..makanya diresep-resep gue itu jumlah bawangnya banyak yang dipakai, dikeluarga lain belum tentu sama.. terus dengan gue masak gue ngedapetin dua hal me time dan mendukung diet gue.. kok bisa? jadi sesungguhnya ternyata masak itu seru dan lumayan relaxing, denger suara minyak berdesis saat goreng, atau nyium aroma bumbu dan masakan.. kok bisa bikin mendukung diet? jadi pada dasarnya gue suka makan dan nyemil.. nah kalau gue masak sendiri kan gue udah ngeliat visualisasi makanan dan nyium aroma makanan dari pertama kali dari mentah sampai matang.. nah saat gue sajikan otak gue itu udah hafal dengan aromanya, sensasi pengen nambah makan itu berkurang jadinya.. jadilah porsi makan gue berkurang dengan sendirinya..

terus kalau kalian tanya gue , gue jago masak emangnya? jawaban gue nggak..  ini lagi belajar masak kakak.. supaya nanti gue bisa sejago ibu kalau masak ga perlu lama-lama didapur tapi masakannya selalu menggoyang lidah..  makanya kalau gue masak, gue biasanya bakal nanya sama yang makan, kurang apa rasanya?keasinan ga? dari jawaban itu gue bakal tau kalau takaran bumbu-bumbu nya kurang pas..kayak tadi pagi gue bikin tumis genjer, kata bapak keasinan de.. berarti gue kan kebanyakan ngasih garemnya atau terlalu saat sehingga terlalu asin.. nah untuk makanan yang belum oke, gue ga share dulu disini.. ya kan tujuan diawal emang nge post diblog itu buat nge arsipin resep masakan buat nantinya kalau mau buat lagi udah tau takaran pasnya jadi kalau rasanya masih kurang oke ya belum gue post dong… hehehe jadi mbaknya yang nanya jangan sewot-sewot yaaa.. haha

Tumis Kailan Jengki

Assalamualaikum Wr Wb

kayaknya ga usah basa-basi lagi yah ini resep tumis kailan jengki yang bener-bener resep coba-coba tapi ternyata setelah dicoba enak juga:

Bahan:

100 gr Teri Jengki

1 siung Bawang bombay

6 siung bawang putih

2 buah cherry tomato

Cara Masak:

  1. Tumis bawang putih dan bombay sampai wangi dan coklat keemasan.
  2. Masukkan Terinya, jangan sampai kering, tapi sampai warna terinya berubah
  3.  Masukkan kailan, oseng sebentar, masukkan tomat ceri sambil diaduk, masukkan gula dan garam, matikan kompor saat tomat ceri nya agak sedikit benyek dan keluar sari-sari nya.

img_20161229_091330_663